Tasbih Kayu Bertuah

tasbih kayu bertuahSedikit Penjelasan Tentang Kayu Bertuah ?

Indonesia memang merupakan salah satu Negara yang mempunyai begitu banyak kebudayaan terutama kebudayaan yang erat kaitannya dengan dunia mistis. Semisal kepercayaan akan sebuah kayu yang dianggap keramat atau mempunyai tuah sebagai sarana / media menuntaskan segala hajat.

Memang benar adanya. Jika beberapa  kayu dianggap mempunyai tuah atau bisa dikatakan mempunyai energi. Entah itu energi alamiah maupun energi isian. Yang pasti, bahwa cerita tentang kayu bertuah memang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu tepatnya ketika Nabi Musa AS mampu membelah lautan dengan hanya sebuah tongkat ketika dalam keadaan terdesak oleh pasukan Raja Fir’aun. Itu jelas menunjukkan bahwa kayu bertuah memang benar-benar ada dan nyata.

Belakangan ini kayu bertuah tidak hanya dijadikan sebagai pajangan atau tumpukan kayu yang tidak berbentuk. Namun, fungsinya kini telah berubah menjadi aksesoris pelengkap manusia seperti kayu bertuah yang dijadikan Tasbih Kayu dengan harapan semoga mampu menjadi sarana / media untuk lebih dekat kepada yang Maha Kuasa.

Tuhan menciptakan langit dan isinya tentu mempunyai tujuan dan fungsinya tersendiri. Termasuk penciptaan kayu yang dianggap keramat dan mempunyai tuah. Tidak ada ciptaan Tuhan yang tidak mempunyai fungsi di dunia ini. Pasti semua mempunyai peran dan fungsinya tersendiri termasuk Kayu Bertuah entah itu dalam bentuk bongkahan kayu, tasbih kayu, gelang kayu dan lain sebagainya. Sangat bisa dibenarkan, bila dengan sengaja Tuhan menitipkan sedikit rahmatnya pada tumbuhan yang biasa disebut kayu bertuah dengan maksud mampu digunakan manusia dengan bijak dan benar.

Ada beberapa jenis kayu bertuah yang biasa dijadikan tasbih kayu bertuah dengan maksud agar fungsinya lebih maksimal sebagai sarana mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa. Berikut tasbih kayu bertuah tersebut :

1.Tasbih Kayu Kokka Bertuah

Jenis kayu bertuah yang satu ini merupakan jenis kayu yang bisa dikatakan paling tua diantara kayu-kayu bertuah lain. Sejarah mengatakan bahwa kayu kokka merupakan kayu yang digunakan oleh Nabi Nuh AS untuk membuat sebuah bahtera besar yang difungsikan untuk menghadapi banjir besar. Kayu Kokka juga merupakan kayu yang digunakan Nabi Musa AS untuk membuat tongkatnya dan merupakan kayu yang digunakan Nabi Ayyub AS sebagai tongkatnya juga.

Masyarakat percaya bahwa kayu kokka memang mempunyai tuah terutama dalam hal perlindungan dari hawa jahat ( santet, teluh, guna-guna, dll ), pagar gaib, keselamatan dan lain sebagainya.

2. Tasbih Kayu Nagasari Bertuah

Kayu Nagasari merupakan salah satu jenis kayu bertuah khas Nusantara dan oleh pakar spiritual dipercaya sebagai kayu yang mempunyai energi yang begitu kuat dibanding kayu-kayu sejenis lainnya. Tidak heran jika kayu nagasari sering disebut sebagai rajanya kayu bertuah.

Di antara manfaat / tuah yang bisa kita ambil dari kayu nagasari adalah sebagai sarana perlindungan diri dari serangan gaib dan juga sebagai sarana pelet yang ampuh. Tasbih kayu nagasari energinya akan lebih kuat bila dijadikan sebagai peneman dzikir maupun berdo’a kepada yang Maha Kuasa dan akan lebih terasa bila dikhusukan hanya untuk sarana pelet / mahabbah

3. Tasbih Kayu Dewadaru Bertuah

Kayu dewadaru merupakan salah satu jenis kayu bertuah yang dipercaya mempunyai tuah yang begitu kuat untuk sarana penglarisan usaha / dagang, kekayaan, pelancar rejeki dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kekayaan. Kayu dewadaru merupakan kayu khas ( Asli ) dari Pulau Karimun Jawa ( Jepara ) yang mitosnya  tidak bisa dibawa keluar dari pulau tersebut. Apabila ada yang berani nekat membawa kayu dewadaru keluar dari pulau karimun, maka bisa dipastikan badai akan datang dan menenggelamkan tumpangan ( kapal ) yang dinaikinya.

Oleh sebab itu, seseorang yang hendak membawa keluar kayu dewadaru dari pulau karimun umumnya mereka melakukan ritual meminta ijin agar bisa membawa kayu dewadaru keluar dari pulau karimun.

Menurut sejarah, kayu dewadaru merupakan kayu yang terbentuk dari tongkat Sunan Nyamplungan putra Sunan Muria yang pada saat itu di utus untuk menyebarkan agama islam di tanah Karimun Jawa. Ada juga yang mengatakan bahwa kayu dewadaru merupakan jelmaan seorang ksatria dari jaman brahmana yang menjelma menjadi tumbuhan kayu dewadaru. Banya sekali versi cerita tentang kayu dewadaru. Yang pasti kayu dewadaru memang dipercaya mempunyai tuah terutama dalam hal sebagai sarana kekayaan.

Itulah beberapa jenis kayu bertuah yang dijadikan sebagai tasbih kayu bertuah yang ada di Nusantara.

Jenis Tasbih Kayu Bertuah Lain, Silahkan – Klik Di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *